Jenis Bahan Pakan Ini Dapat Mengakibatkan Keguguran Pada Babi Bunting

Keberhasilan manajemen babi bunting sampai beranak akan menghasilkan peternakan babi secara optimal. Pemeliharaan induk babi memerlukan perhatian khusus terutama induk bunting. Pemberian makanan yang berlebihan pada babi yang sedang bunting tidak akan memberikan manfaat bagi peternak ataupun bagi babi bunting tersebut. 

Pemberian makanan yang berlebihan selama masa kebuntingan bisa mengakibatkan kesulitan beranak, hilang nafsu makan setelah melahirkan, kehilangan bobot badan sehingga induk babi kurus dan juga akan mengalami perlambatan munculnya birahi.

Makanan Penyebab Keguguran
Jenis Bahan Pakan Yang Dapat Mengakibatkan Keguguran Pada Babi Bunting
Terdapat beberapa jenis bahan pakan yang sering diberikan pada babi bunting namun tanpa disadari bahan pakan tersebut memiliki resiko yang dapat membuat babi bunting keguguran jika diberikan secara berlebihan.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa bahan pakan yang sebaiknya dihindari atau pun diperhatikan komposisi pemberiannya terhadap babi yang sedang bunting.

1. Tepung Daun Lamtoro

Tepung daun lamtoro sering ditambahkan pada pakan ternak babi, terutama babi induk bibit dan anak-anak babi. Sebab bahan tersebut kandungan mineral dan vitaminnya tinggi. Akan tetapi karena bahan ini mengandung toxic (racun) maka jumlah jumlah yang bisa diberikan atau ditambahkan kepada ransum tidak boleh melebihi 5% dari seluruh campuran makanan. Pemakaian yang berlebihan atau terlampau banyak berarti akan menambah toxic yang lebih besar pula. Hal ini berakibat buruk bagi ternak babi; bulunya rontok, dan babi bunting bisa menyebabkan keguguran.

2. Bungkil Kacang Tanah

Bungkil kacang tanah dalah hasil ikutan kacang tanah yang sudah diambil minyaknya. Bahan ini kurang cocok untuk ternak babi yang sedang bunting , karena kandungan lysine dan Ca-nya rendah. 

3. Jagung

Jagung adalah salah satu bahan pakan ternak babi yang sangat bagus, karena banyak mengandung karbohidrat. Namun dalam pemberiaannya harus benar-benar diperhatikan yakni jagung tersebut terlebih dahulu  digiling halus, sebab bila tidak giling halus maka jagung tersebut akan kurang bermanfaat dan dapat mengakibatkan babi bunting mengalami konstipasi pada saat beranak karena kandungan serat kasar yang cukup tinggi dalam jagung.

Pakan Yang Cocok Untuk Babi Bunting

Pakan yang harus diberikan ialah pakanyang baik/cukup dan dalam bentuk basah dan halus. Pemberian pakan halus dimaksudkan untuk menghindari kotoran mengeras. Sebab kotoran yang mengeras akan menimbulkan konstipasi dan stress bagi babi induk yang tersebut, sehingga mempersulit kelahiran. (baca juga: Cara Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Babi)

0 Response to "Jenis Bahan Pakan Ini Dapat Mengakibatkan Keguguran Pada Babi Bunting"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel