Dasar-Dasar Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula

Ayam Kampung Super atau Ayam Joper belakangan ini mengalami permintaan yang cukup tinggi. Beberapa kelebihan dari ayam kampung super menjadi daya tarik mengapa orang banyak yang mencoba beternak ayam jenis ini. Dari sisi harga, DOC joper juga relatif stabil. Seperti kita ketahui Ayam Kampung Super mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat sehingga mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Ayam joper dapat dipanen pada umur 55-60 hari, lebih cepat dibanding ayam kampung biasa. Ayam kampung super mempunyai daya tahan terhadap penyakit. Ayam jenis ini mempunyai karakter daging yang lezat dan lebih padat dibanding ayam broiler. Dengan beberapa keunggulan tersebut menjadikan daya jual ayam joper cukup tinggi.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Ayam kampung Super
Bagi masyarakat yang jeli bisa melihat peluang yang cukup luas dibidang pemeliharaan. Bahkan bagi orang yang belum pernah memeliharanya ada rasa penasaran ingin mengetahui cara beternak ayam kampung super. Sebenarnya memelihara Ayam Kampung Super tidak mempunyai tingkat kerumitan yang tinggi. 

Bila kita ingin mengetahui bisa bertanya kepada peternak yang berpengalaman atau membaca buku mengenai beternak ayam kampung super. Penting juga untuk di pelajari tentang analisa ternak joper terlebih dahulu sebelum mulai beternak.

Dalam beternak ayam jenis ini yang perlu diperhatikan adalah penyediaan kandang ayam joper, jenis pakan dan minum, serta perawatan ayam ayam yang masih kecil. Jika ingin meningkatkan produktivitas daging cara pemeliharaannya dengan cara intensif. 

Jadi kita perlu membuatkan kandang ayam jawa super yang disesuaikan dengan kategori umur. Untuk pakan dan minum secara kontinyu dilakukan di dalam kandang. Untuk menjaga stamina ayam, perlu pemberian suplemen/multivitamin dan vaksinasi agar ayam kampung super tidak mudah terjangkit penyakit.

1. Pahami Dasar-Dasar Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula    

Seperti yang telah diterangkan di atas, bagi pemula dapat memulai dengan mencari ilmu langsung pada sumbernya yaitu peternak. Di samping itu untuk memperkaya pengetahuan, tidak ada salahnya bila membaca buku cara beternak ayam kampung atau mencari referensi di internet. Bila memungkinkan, bisa magang atau bekerja terlebih dahulu pada peternak profesional untuk mengetahui seluk beluk budidaya ayam jenis ini dengan lebih detail.

Setelah mengetahui dasar-dasar beternak Ayam Kampung Super, kini saatnya kita menyediakan kandang yang akan digunakan untuk memelihara ayam. Perlu kita ketahui, bahwa fungsi kandang adalah tempat tinggal, tempat untuk mengasuh, membesarkan berkembang biak dan istirahat. 

Jadi diusahakan kandang dalam kondisi bersih, kering dan mendapat sinar matahari cukup. Untuk kandang DOC (umur 1 hari-4 minggu) diletakkan dalam boks yang mempunyai penghangat ruangan. Fungsi dari penghangat ruangan adalah untuk menghangatkan ayam dan menghindarkan ayam mati kedinginan.

Sedangkan untuk kandang ayam pada umur 4-6 bulan (fase grower) kandangnya berbentuk postal dengan dialasi litter. Litter terdiri dari sekam, serbuk gergaji dan kapur. Untuk ketinggian liter kurang lebih 10 cm.

2. Memilih Bibit Ayam Kampung Super 

Setelah kandang kita persiapkan, maka tahap selanjutnya adalah memilih bibit ayam yang akan kita jadikan pedaging. DOC yang berkualitas ciri-cirinya berbadan tegap, tidak cacat, matanya jernih, bulunya halus dan mengkilat. Berat sekitar 40-50 gram/ ekor. Untuk DOC jantan biasanya berbadan lebih besar dibandingkan DOC betina. Dalam komposisi DOC atau bibit ayam kampung super (JOPER) ini memang tidak bisa di tentukan secara pasti. Namun secara estimasi jumlah ayam jantan dan ayam betinanya perbandinganya sekitar 50:50.

3. Pola Pemberian Pakan dan Air Minum

Setelah DOC sampai di kandang, beri kesempatan istirahat sekitar 30 menit. Setelah itu bisa diberikan minuman dari  satu sendok gula jawa yang dicampur dengan 200 ml air (satu gelas). Untuk DOC pakan yang digunakan berupa voer atau BR murni yang belum dicampur bahan pakan apapun. Setelah berumur 4 minggu barulah dapat diberikan bahan pakan tambahan misalnya dedak atau bekatul dalam jumlah yang tidak begitu banyak. Untuk suplemen bisa diberikan vitachic yang metode pemberiannya dengan cara dicampurkan dalam minumannya.

4. Pencegahan Penyakit Ayam Kampung Super

Pada umumnya penyakit disebabkan oleh kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya. Bisa juga diakibatkan merebaknya wabah penyakit disuatu tempat dan menular hinggar ke peternakan yang lain. Untuk itu perlu antisipasi berupa pemberian vaksinasi yang diberikan secara berkala dan tidak kalah pentingnya yaitu rutin membersihkan kandang termasuk tempat pakan ayam joper atau ayam jawa super dan minum. Hal yang penting dilakukan yakni ketelitian mengamati kondisi ayam, jika ada ayam yang sakit harus segera dikarantina agar tidak menular ke ayam yang lain.

5. Penanganan Masa Panen

Ayam kampung super dapat dipanen pada umur 55- 60 hari. Ayam pada umur 6 minggu sudah berbobot 0,9-1 kg per ekor. Berat badan ayam mencapai bobot maksimal karena perawatan yang intensif. Jika pemeliharaan dengan cara tradisional maka bobotnya tidak mencapai bobot maksimal. Untuk itu bila kita ingin melakukan pembesaran, budidaya yang tepat adalah dengan cara intensif. 

Di bagian panen ini yang penting juga di lakukan oleh calon peternak yakni mengamati dulu di sekitar area ternak yang bisa menerima hasil panen kita. Biasanya para pengepul akan mendatangi langsung lokasi kandang kita dan menimbang di tempat. Perlu di ingat sebelum masa panen peternak perlu memesan DOC atau bibit ayam jopernya terlebih dahulu karena jangan sampai kandang kosong karena bibit ayam belum bisa masuk.

Dari uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa beternak ayam kampung super tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan beternak ayam kampung super, maka kita dapat memulai langkah berbisnis ayam joper. (baca juga: 4 Tipe Kandang Terbaik Untuk Ayam Kampung)

0 Response to "Dasar-Dasar Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel