CARA SEDERHANA MENGETAHUI UMUR TERNAK KAMBING

Mengetahui umur kambing merupakan salah satu ketrampilan yang perlu dikuasai oleh peternak. Ketrampilan tersebut bisa digunakan untuk melakukan seleksi umur ternak kambing yang akan dibeli dan dipelihara, baik sebagai calon bibit atau bakalan yang akan dibesarkan.

Besar kecilnya tubuh, bukan ukuran untuk memperkirakan umur kambing. Bisa saja kambing sudah tua tapi kurus akibat pemeliharaan yang buruk atau terkena penyakit, sehingga dari posturnya terlihat seperti kambing yang masih muda. Cara yang dapat digunakan untuk mengetahui umur kambing, yakni dengan mengamati giginya. Metode ini sangat cocok untuk dipraktekkan dilapangan oleh peternak.

Memang pada dasarnya untuk mengetahui umur melalui gigi tidak dapat sempurna 100 %, tetapi cara inilah yang paling mudah dilakukan oleh peternak kambing untuk menentukan umur ternak kambing dalam proses pengembangan usaha atau tahap breeding.

Secara umum, gigi merupakan salah satu bagian yang berada pada rongga mulut yang digunakan untuk menghaluskan dan melembutkan makanan agar dapat dicerna dengan baik. Ternak kambing memiliki gigi yang termasuk unik karena mengalami pergantian dan pertumbuhan secara kontinu dengan karakteristik tertentu, sehingga dapat dijadikan patokan untuk menentukan atau menduga umur pertumbuhan dari ternak kambing.

Dasar penentuan umur ternak kambing adalah keadaan gigi seri pada rahang bawah yang jumlahnya 8 buah. Ternak kambing yang berumur di bawah satu tahun gigi serinya dinamakan gigi seri susu, sedang gigi penggantinya disebut gigi seri tetap. 

Pergantian dan pertumbuhan gigi seri kambing sangat teratur waktunya. Gigi Seri tetap menggantikan gigi seri susu dengan bentuk yang lebih besar, kuat dan warnanya lebih kekuningan. Berdasarkan pergantian dan pertumbuhan gigi seri, umur kambing bisa ditentukan seperti gambar dibawah ini: 

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
CARA SEDERHANA MENGETAHUI UMUR TERNAK KAMBING
Sebagai pegangan untuk mengetahui umur kambing adalah :
–    Umur <1 tahun gigi seri susu belum ada yang berganti.
–    Dua gigi seri telah berganti (Gigi dua) ; umur 1 — 1,5 tahun.
–    Empat gigi seri telah berganti (Gigi empat) : umur 1, 5 — 2 tahun,
–    Enam gigi seri telah berganti (Gigi enam) : umur 2,5 — 3 tahun.
–    Delapan gigi seri tejah berganti (Gigi delapan) : umur 3,5 — 4 tahun.
–    Bila-1/4 bagian gigi seri tetap telah tergesek : umur 5 tahun.
–    Bila 1/2 bagian gigi seri tetap telah tergesek : umur 6 tahun.
–    Bila 3/4 bagian gigi seri tetap telah tergesek : umur 7 tahun.
–    Bila seluruh bagian telah tergesek : umur 8 tahun

Anak Kambing biasanya lahir dengan gigi seri susu lengkap atau 8 buah gigi. Pergantian gigi seri susu dengan gigi seri tetap dapat dipergunakan sebagai pedoman untuk menentukan usia kambing dengan praktis. 

Setelah semua gigi susu berganti dengan gigi seri tetap, maka usia ditentukan pada perubahan-perubahan pada gigi seri tetap itu. Namun hal ini tentu saja memerlukan latihan tersendiri agar peternak menjadi terampil. (baca juga: Penyebab Kejang-Kejang Disertai Kematian Pada Anak Kambing)

Semoga Bermanfaat

0 Response to "CARA SEDERHANA MENGETAHUI UMUR TERNAK KAMBING"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel