RANGKUMAN MATERI BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM


Secara umum makhluk hidup tidak terlepas dari makan. Sama dengan ternak memerlukan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan kebutuhan produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan ternak tersebut diberikan peberian makanan/pakan yang meliputi kebutuhan akan sumber energi, sumber protein serta sumber vitamin.

Pakan adalah  segala sesuatu yang dapat dimakan oleh ternak dalam bentuk dapat dicerna sebagian atau seluruhnya dengan tidak mengganggu kesehatan ternak itu sendiri. Pemberiannya bahan pakan sesuai dengan kebutuhan, dapat membantu tumbuh dan kembang ternak secara maksimal sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak.

Agar pertumbuhan ternak dapat secara maksimal, sangat diperlukan pemberian pakan yang mempunyai kualitas tinggi namun dengan harga yang ekonomis dan dapat memenuh kebutuhan ternak akan kebutuhan hidup dan kebutuhan produksi. Oleh sebab itu pencampuran berbagai bahan pakan (formulasi ransum) mutlak harus dipelajari.

Formulasi ransum adalah salah satu cara pemenuhan gizi pakan yang berkualitas dan dicari harga yang ekonomis, dengan cara menggabungkan bahan pakan yang mempunyai keunggulan kemudian disatukan menjadi sebuah formula. Formula dasar yang biasa digunakan adalah penggabungan dari hijauan dan konsentrat (makanan penguat).
BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM
Bahan Pakan Dan Formulasi Ransum

BAHAN PAKAN

Bahan pakan adalah komponen ransum yang dapat memberikan manfaat bagi ternak yang mengkonsumsinya. Secara umum bahan pakan ternak dibagi berdasarkan asalnya yakni: nabati & hewani, berdasarkan sifatnya (hijauan & konsentrat) dan berdasarkan sumber zat gizinya (vitamin, mineral, protein, Energi).

Dalam pemilihan bahan pakan, terdapat beberapa pengetahuan penting yang harus diketahui sebelumnya, yakni sebagai berikut :

1. Bahan pakan harus mudah di peroleh dan sedapat mungkin tedapat di daerah sekitar sehingga tidak menimbulkan masalah ongkos transportasi dan kesulitan mencari.

2. Bahan pakan harus terjamin ketersediaannya sepanjang waktu dan dalam jumlah yang mencukupi keperluan.

3. Bahan pakan harus mempunyai harga yang layak dan sedapat mungkin mempunyai fluktuasi harga yang tidak besar.

4. Bahan pakan harus di usahakan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia yang sangat utama. Seandainya harus menggunakan bahan pakan yang demikian, usahakan agar bahan pakan tersebut hanya terdiri dari satu macam saja.

5. Bahan pakan harus dapat diganti oleh bahan pakan lain yang kandungan zat-zat makananya hampIr sama.

6. Bahan pakan tidak mengandung racun dan tidak dipalsukan atau tidak menampakkan perbedaan warna, bau, atau rasa dari keadaan normalnya  (Santosa : 2009).

RANSUM

Ransum adalah jumlah total bahan pakan yang diberikan pada ternak selama 24 jam. Ransum merupakan faktor yang sangat penting di dalam suatu usaha peternakan, karena ransum berpengaruh  langsung terhadap produksi ternak.

Perubahan ransum baik secara kualitas maupun kuantitas maupun perubahan pada komponennya akan dapat menyebabkan penurunan produksi yang cukup serius. Sehingga untuk mengembalikan produksi seperti semula sebelum perubahan ransum cukup sulit dicapai dan akan memakan waktu cukup lama (Tawaf : 2010).

Ransum terbagi dalam 4 bagian :

1. Ransum Sempurna (Balance Ration) : Ransum yang kandungan zat-zat makananya cukup untuk memenuhi kebutuhan dan zat-zat makanan tersebut dalam keadaan seimbang.

2. Ransum Hidup Pokok : Ransum yang kandungan zat-zat makananya hanya sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan proses hidup saja (bernafas dan non produktif ).

3. Ransum Produksi : Ransum yang digunakan di atas kebutuhan hidup pokok guna dapat berproduksi sacara maksimal.

4. Ransum Ekonomis : Ransum yang dapat menghasilkan atau memberikan hasil di atas biaya untuk makanan.

ISTILAH - ISTILAH DALAM BAHAN PAKAN

1. Nutrition adalah ilmu yang membahas rangkaian proses-proses dalam tubuh organisme;

2. Pencernaan adalah rangkaian proses yang terjadi didalam  alat pencernaan;

3. Zat makanan adalah zat-zat organis/anorganis yang umumnya mempunyai sifat kimia yang sama dan merupakan komponen dari bahan makanan yang dibutuhkan tubuh;

4. Bahan pakan adalah semua zat-zat organis/anorganis yang dapat dimakandapat dicerna seluruhnya atau sebagian dan tidak mengganggu kesehatan hewan;

5. Metabolic  adalah zat-zat yang dibutuhkan dalam proses metabolism (protein,lemak dan karbohidrat);

6. Metabolisme adalah perombakan zat-zat dalam tubuh melaui proses pencernaan;

7. Rate of Passage adalah kecepatan dari laju bahan makanan yang mengalami peristiwa pencernaan melalui saluran pencernaan;

8. Rumination adalah proses dimana makanan dari rumen dan retikulum dimuntahkan kembali kearah mulut selanjutnya dikunyah kembali dan dicampur lagi dengan air ludah setelah itu ditelan.

ZAT MAKANAN

Komponen dari bahan makanan yang dapat dicerna/diserap dan digunakan dalam tubuh ternak yang terdiri dari:
- Air
- Karbohidrat
- Protein
- Lemak
- Vitamin
- Mineral

KANDUNGAN ZAT NUTRISI

1. Protein : Merupakan komponen yang kompleks dan merupakan suatu molekul makro atau polymer dari asam-asam amino yang diikat satu sama lain dalam rangkaian peptida.

2. Energi : Merupakan unsur yang penting bagi ternak. Energi berkaitan erat dengan konsumsi dan protein, sehingga dalam banyak hal terutama untuk unggas sering diselaraskan dengan kebutuhan protein itu sendiri.

3. Vitamin dan Mineral : Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, bahkan ada yang sangat kecil sekali, tetapi peranan vitamin dan mineral tetap penting. Vitamin dan mineral bagaikan oli dalam mesin, tanpa protein dan mineral kelainan- kelainan pada produksi pasti ada. (baca juga: Pemanfaatan Tepung Cacing Tanah Dalam Ransum Ayam Pedaging).
Semoga Bermanfaat

0 Response to "RANGKUMAN MATERI BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel