Proteksi Protein Pakan Suplemen Pada Ternak Sapi


Produktivitas ternak sapi yang optimal dapat dicapai dengan penyediaan pakan yang mampu menyediakan nutrien untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, pertumbuhan, produksi dan reproduksi. Salah satu kebutuhan nutrien pada ternak sapi yang harus diperhatikan adalah protein.

Kualitas pakan secara biologis pada ternak sapi dipengaruhi oleh ketersediaan protein pakan yang mampu memberikan kontribusi pada perkembangbiakan mikroba rumen (Pathak, 2008) dan mampu mensuplai protein pakan di intestinum (Calsamiglia et al., 2010).

Ramaiyulis dkk. (2000) telah mengembangkan pakan suplemen untuk ternak sapi yang berfungsi menyediakan unsur gizi esensial untuk pertumbuhan mikroba yang dikenal dengan “Permen Sapi”.

Pakan suplemen ini telah diterapkan kepada masyarakat dan diproduksi secara komersil (Ramaiyulis dkk, 2009), dengan hasil yang cukup memuaskan dapat meningkatkan laju pertumbuhan sapi potong dari 0,68 kg/hari menjadi 1,02 kg/hari (Ramaiyulis, dkk. 2000).

Namun pada ternak sapi yang mendapat ransum berkualitas rendah (tinggi serat dan rendah protein tanpa konsentrat), manfaat suplemen menjadi menurun (Sujatmiko dan Ramaiyulis, 2008). (baca juga: Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong)

Pada ternak sapi yang mendapat ransum berkualitas rendah, kebutuhan asam aminonya hampir sepenuhnya bergantung pada pasokan protein mikroba karena hampir tidak ada protein murni dari ransum yang lolos dari aksi mikroba (Calsamiglia et al., 2010).

Penambahan ampas gambir pada pakan suplemen ternak sapi, sangat disarankan guna meproteksi protein pakan itu sendiri. Hal ini dikarenakan ampas gambir mengandung senyawa tanin 9,96 % dari jenis tanin terkondensasi (katechin). Tanin dalam rumen akan membentuk senyawa kompleks dengan protein, pada pH netral ikatan kompleks ini tahan terhadap enzim proteolisis yang dihasilkan oleh mikroba rumen sehingga menurunkan degradasi protein di rumen (Getachew et al., 2001).

Ikatan komplek ini bersifat reversibel pada pH asam, sehingga dapat dibebaskan kembali setelah berada di intestinum. Penambahan ampas gambir dalam pakan suplemen ditujukan untuk memproteksi protein dalam pakan suplemen dari degradasi mikroba rumen supaya dihasilkan lebih banyak protein yang tersedia bagi ternak.

Proteksi protein pakan suplemen dengan penambahan ampas gambir mampu menekan laju degradasi protein protein oleh mikroba rumen, meningkatkan rumen undegraded dietary protein (RUDP) dan meningkatkan produksi protein total dalam rumen.
Pakan Suplemen Ternak Sapi
Hasil Penelitian Pengaruh penambahan ampas gambir dalam pakan suplemen terhadap Rumen Undegraded Dietaty Protein (RUDP)

Penambahan ampas gambir memberikan pengaruh penurunan kecernaan bahan kering dan penurunan konsentrasi NH3 karena berkurangnya degradasi protein oleh mikroba. Taraf penambahan ampas gambir yang optimal dalam pakan suplemen adalah 5% yang menghasilkan laju degradasi protein terenndah dan menghasilkan RUDP dan produksi protein total tertinggi.

Sumber: 
Calsamiglia, S., A. Ferret, C.K. Reynolds, N.B. Kristensen and. A.M. Van Vuuren. 2010. Strategies for optimizing nitrogen use by ruminants. Animal. 4(7):1184- 1196.


Getachew, G., H. P. S. Makkar and K. Becker. 2001. Method of polyethylene glycol application to tannin-containing browses to improve microbial fermentation and efficiency of microbial protein synthesis from tannin-containing browses. Anim. Feed Sci. Tech. 92(12), 51-57.

Pathak, A.K., 2008. Various factors affecting microbial protein synthesis in the rumen. Veterinary World 1(6): 186–189.

Ramaiyulis, Salvia dan P.S. Noor. 2000. Pemberian Pakan Multinutrisi Blok untuk Meningkatan Laju Pertumbuhan Sapi Potong yang Dipelihara secara Tradisional. J. P&PT. 2 (3): 91-96.

Ramaiyulis, Salvia, P.S. Noor dan I.Irda. 2009. Komersialisasi Produk Unggulan Politani Dalam Mendukung Pengembangan Agribisnis Peternakan. Lap. uUJI Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Sujatmiko dan Ramaiyulis. 2008. Upaya Meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi Potong Melalui Pengendalian Mikrofauna Rumen Dengan Pemberian Ekstrak Tanin Gambir. J. Lumbung. 7 (3):21-27.

0 Response to "Proteksi Protein Pakan Suplemen Pada Ternak Sapi"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel