Karakteristik, Potensi dan Keunggulan Kambing Muara


Kambing Muara merupakan salah satu jenis kambing lokal unggul asal Indonesia. Kambing ini banyak ditemukan di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Postur tubuh kambing ini sangat gagah, kompak dan memiliki warna bulu yang bervariasi seperti coklat, coklat kemerahan, putih, putih kehitaman (Pamungkas et.al., 2009).

Nama Kambing Muara, diambil dari salah satu nama kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yaitu Muara. Di daerah tersebut jenis kambing ini banyak dikembangkan dan diusahakan oleh masyarakat setempat. (baca: Sejarah Ternak Kambing di Indonesia)

Karakteristik, Potensi dan Keunggulan Kambing Muara

Kambing Muara merupakan jenis kambing yang subur (prolifik) bisa memiliki anak 2 sampai 4 ekor/kelahiran (Pamungkas et.al.,2009). Kambing Muara mempunyai kemampuan yang bagus untuk memelihara dan menyusui anaknya.

Jumlah anak Kambing Muara tidak terlalu mempengaruhi akan pertumbuhan anak, walaupun anaknya berjumlah 4 ternyata dapat hidup sampai besar bahkan tanpa pakai susu tambahan dan pakan tambahan penampilan anak tetap sehat, tidak berbeda jauh dengan penampilan anak tunggal saat dilahirkan.

Hal ini didasarkan penampilan ambing relatif lebih besar dan dapat memproduksi susu lebih banyak, serta produksi susu kambing tersebut relatif bagus sehingga bisa memenuhi kebutuhan anak kambing 4 ekor (Pamungkas et.al., 2009).
Kambing Muara
Ciri-ciri Kambing Muara
Dari penampilannya Kambing Muara termasuk tipe pedaging. Memiliki dada dan dalam dada yang lebar. Bentuk badannya bulat, cenderung mengarah kemiripan dengan tubuh kambing Boer. Bobot kambing Muara lebih besar dari pada kambing Kacang.

Bentuk telinga Kambing Muara agak panjang dan jatuh, hidung tidak melengkung seperti kambing Boer atau kambing PE. Tanduk sedang serta panjang badan lebih panjang dibandingkan dengan kambing Kacang (Pamungkas et.al.,2009). Pengembangan ternak Kambing Muara dengan cara intensif akan membantu percepatan peningkatan populasi ternak Kambing Muara tersebut.
Kambing Muara
Keunggulan Kambing Muara
Semoga bermanfaat...☺☺

0 Response to "Karakteristik, Potensi dan Keunggulan Kambing Muara"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel