Cara Mengobati Kaki Ternak Sapi Bengkak, Pincang dan Tidak Bisa Berdiri


Salah satu kecelakaan ringan yang umum dan sering menimpa seekor ternak sapi adalah terpeleset sehingga kaki menjadi pincang dan bengkak. Bahkan jika terpeleset parah (sampai kedua kaki sapi terbentang) bisa menyebabkan ternak sapi susah berdiri dan akhirnya jatuh atau ambruk.

Kondisi seperti ini harus segera ditangani, karena bisa mengakibatkan nafsu makan ternak sapi menurun dan akibatnya bisa menurunkan daya tahan ternak sapi. Jika sudah begitu maka berbagai macam penyakit bisa dengan mudah menyerang ternak sapi yang kita pelihara.
Kaki Ternak Sapi Bengkak, Pincang dan Tidak Bisa Berdiri
Cara Mengobati Kaki Ternak Sapi Bengkak, Pincang dan Tidak Bisa Berdiri
Cara mengatasi dan mengobati kaki ternak sapi yang pincang ataupun bengkak hingga tak bisa berdiri, tentunya harus diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Apakah karena terjatuh, luka atau penyakit yang ada pada kaki ternak sapi tersebut.

Jika kondisi kaki pincang terjadi pada ternak sapi dengan bobot hampir 1 ton atau bahkan 1 ton lebih, biasanya penyebab utamanya adalah radang pada sendi kaki atau artritis. Radang pada sendi kaki ternak sapi disebabkan dua faktor yaitu karena bobot ternak sapi yang terlalu jumbo atau berat/besar dan juga dari konstruksi lantai kandang yang terlalu keras.

*Inilah sebabnya mengapa ternak sapi berukuran besar/jumbo yang dipelihara dikandang tanah jarang mengalami pincang akibat radang pada sendi kaki.*

Cara Mengobati Kaki Ternak Sapi Bengkak, Pincang dan Tidak Bisa Berdiri

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan ternak sapi yang pincang pada kandang yang berlantai empuk seperti lantai tanah atau lantai dengan alas jerami. Bisa juga pada kandang dengan karpet khusus untuk kandang sapi.

Setelah ternak sapi dipindahkan kekandang yang berlantai empuk, maka tindakan berikutnya dilanjutkan dengan pengobatan antibiotik jenis penstrep untuk mencegah infeksi bakteri. Berikan juga suntikan vitamin B kompleks sebagai penguat daya tahan tubuh dan berikan anti radang semisal dexametasone. Untuk dosis dan cara pemakaian obat bisa dilihat pada bungkus/kemasan obat yang digunakan.

☛ Jika kaki  ternak sapi terluka dan/atau terjadi demam :

(1) Antibiotik – penicillin biasanya terbaik;

(2) Anti-peradangan (tolfidine atau flunixin) untuk mengurangi nyeri dan peradangan;

(3) Lakukan pengobatan lokal pada luka kaki ternak supaya tidak dihinggapi lalat;

(4) Pastikan adanya alas yang tebal di dalam kandang ruang yang cukup untuk berbaring;

(5) Berikan pakan hijauan yang dicincang untuk merangsang nafsu makan.

Untuk menyembuhkan bengkak pada kaki ternak sapi, bisa menggunakan obat tradisional yang terdiri dari campuran jahe dan minyak tanah. Parut jahe secukupnya lalu campurkan dengan minyak tanah. Oleskan ramuan tersebut pada kaki ternak sapi yang bengkak sambil beri pijatan untuk memperlancar aliran darah pada kaki ternak sapi. Lakukan pengobatan ini secara teratur 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika ternak sapi pincang karena terjatuh dengan 2 kaki yang terbentang maka ada cara sederhana untuk mengatasinya, yaitu: ikat kedua kaki yang terbentang tadi dengan tali khusus (tampar), jarak kedua kaki terbentang tidak lebih dari 40 cm (yang penting kondisi ternak sapi bisa berjalan normal). Posisikan ternak sapi dalam kondisi berdiri dan biarkan kaki terikat seperti ini selama 2 - 3 hari. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa setelah 2 - 3 hari kondisi kaki ternak sapi sudah kembali normal dan ikatan pada kaki bisa dilepas.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Mengobati Kaki Ternak Sapi Bengkak, Pincang dan Tidak Bisa Berdiri"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel