Penyebab dan Cara Mengatasi Diare Pada Anak Babi Umur 1 Hari - 8 Minggu


Penyebab diare pada anak babi umur 1 hari - 8 minggu antara lain adalah kedinginan, kelaparan, tertindih dan infeksi penyakit. Jenis infeksi yang terjadi meliputi bakteri ETEC dengan nama penyakit: (1) New born diarrhea terjadi umur 1 - 7 hari ditandai oleh diare, lesu dan kedinginan; (2) Young pig diare umur 14 - 28 hari yang ditandai oleh diare dan lesu; (3) Hemorrhagic gastro enteritis (1 - 8 minggu) yang ditandai diare berdarah.

Ilustrasi bakteri E. coli yang masuk ke dalam tubuh babi bersama makanan dan tahapan E. coli menimbulkan infeksi dapat dilihat pada Gambar 1.
Cara Mengatasi Diare Pada Anak Babi Umur 1 Hari - 8 Minggu
Gambar 1. Tahapan bakteri E.coli menginfeksi anak babi

Adapun gejala klinik yang muncul pada anak babi yang terinfeksi E. coli pada saluran usus, antara lain napsu makan menurun, diare, lemah, lesu, dehidrasi, shock yang diakhiri kematian seperti terlihat pada Gambar 2.
Cara Mengatasi Diare Pada Anak Babi
Gambar 2. Gejala diare dan gambar PA dan HP usus babi yang terinfeksi E. coli
Di samping karena E. coli, diare juga dapat diakibatkan oleh Iso spora suis pada anak babi sebelum disapih. Kejadiannya sering namun diabaikan oleh peternak. Gejala diare pada anak babi setelah umur 5 hari dapat disebabkan oleh penyakit koksidiosis akibat infeksi Iso spora suis.

Penyakit ini menyerang anak babi umur 6 - 42 hari yang ditandai diare berwarna kekuningan sampai abu-abu secara terus menerus. Anak babi kurus, nafsu makan menurun sehingga pertumbuhannya jelek, bahkan sering diikuti oleh kematian.

Cara Mencegah dan Mengatasi

Cara mencegah dan mengatasi diare pada anak babi umur 1 hari - 8 minggu dapat dilakukan dengan cara meningkatkan tindakan bioskuriti. Tindakan ini harus dilakukan secara ketat dengan membersihkan lantai tiap hari, menjaga lantai tetap kering, membuat ruangan untuk anak hangat, dan melakukan penyemprotan desinfektan seperti Benzalchonium clorida (DES HP), serta memberikan vaksinasi seperti Tabel 1 dan program medikasi seperti Tabel 2.
Cara Mengobati Diare Pada Anak Babi Umur 1 Hari - 8 Minggu
Tabel 2. Program Medikasi Anak Menyusu dan Induknya (Colibacillosis, Isospora spp)
Semoga bermanfaat...(baca juga: Cara Mengatasi Induk Babi Tidak Mau Menyusui Anaknya)

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Diare Pada Anak Babi Umur 1 Hari - 8 Minggu"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel