Dampak Negatif Sifat Kanibalisme Ayam Kampung dan Cara Mengatasinya

Sifat kanibalisme (mematuk dan memakan ayam lain) pada ayam kampung adalah salah satu sifat yang memberikan dampak negatif dan jika dibiarkan, maka dapat mengancam kelangsungan hidup ayam lainnya bahkan  kita sebagai peternak (terlebih pada sistem pemeliharaan intensif)  tentunya akan mengalami kerugian.

Sifat kanibalisme ini akan sangat mudah kita lihat apabila terdapat faktor pemicu munculnya sifat sifat kanibalisme. Sifat kanibalisme pada ayam kampung dapat menyebabkan menurunnya produksi, terlambatnya pertumbuhan sehingga bobot tubuh optimal tidak tercapai, sifat kanibalisme ini juga dapat menyebabkan kematian pada ayam kampung.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Penyebab utama munculnya sifat kanibalisme adalah stress atau adanya cekaman yang dialami oleh ayam kampung. Stress yang menyebabkan munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung ini banyak sekali penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari munculnya stress pada ayam kampung yang menjadi penyebab sifat kanibalisme, kita akan dapat mengurangi atau menghilangkan sifat kanilbalisme pada ayam kampung kita.

Jadi sebagai peternak ayam kampung, kita dituntut untuk segera mengatasi atau meminimalisir dampak negatif adanya sifat kanibalisme tersebut. Munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung bisa terjadi oleh faktor-faktor seperti di bawah ini: 

Memantau Perkembangan Ayam Kampung

Sifat kanibal alami biasanya terjadi pada anak ayam kampung usia 24 - 47 hari, yaitu anak ayam suka berkelahi atau kejar-kejaran, serta saling mematuk, jadi pada usia tersebut kita harus selalu memperhatikan perkembangannya. Segera pisahkan jika ada ayam yang suka mematuk (terlalu fighter), dan ayam yang sering dipatok (terlalu lemah) agar tidak memancing ayam lain ikut-ikutan menyerang.

Kondisi Kandang Ayam Kampung

Kondisi kandang yang tidak nyaman dapat menyebabkan stress pada ayam kampung sehingga memicu munculnya sifat kanibalisme. Kondisi kandang yang terlalu panas biasanya lebih cepat memacu munculnya kanibalisme. Jumlah kepadatan yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ayam, hal ini juga dapat memacu munculnya sifat kanibalisme.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Lokasi Kandang Ayam Kampung Tidak Bising

Kegaduhan disekitar kandang serta suara bising yang terus-menerus juga bisa mengakibatkan ayam kampung stress dan menjadi kanibal, jadi penempatan lokasi kandang juga harus anda perhatikan dan sebaiknya buatlah kandang jauh dari sumber kebisingan. Menciptakan kondisi nyaman pada kandang ayam kita adalah salah satu upaya untuk menghilangkan sifat kanibalisme.

Jangan Berikan Penerangan Saat Ayam Kampung Istirahat

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Pada malam hari sebaiknya jangan beri lampu penerangan yang berlebihan pada kandang, biarkan ayam kampung menggunakan waktunya untuk beristirahat, karena jika kondisi kandang terang saat malam hari, ayam kampung akan tetap beraktifitas (hiper aktif), dan membuatnya menjadi kanibal.

Terlambatnya Pemberian Ransum atau Air Minum

Pemberian ransum yang terlambat dan pengontrolan air minum yang kurang terkontrol juga merupakan penyebab potensial munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung. Berilah ransum sesuai jadwal dan selalu perhatikan ketersediaan air minum. Keterlambatan pemberian ransum sangat mudah memacu meningkatnya emosional ayam kampung sehingga secara tiba-tiba ayam menyerang ayam yang lain. 

☛. Penempatan Ayam Kampung yang Tidak Sesuai 

Ayam kampung yang lebih besar secara ukuran dan berat tubuhnya dan ayam kampung yang lebih tua secara umur, biasanya akan menyerang ayam yang lebih kecil atau lebih muda. sifat superioritas pada ayam kampung sangat mudah terlihat dalam hal ini. Untuk menghindari munculnya sifat kanibalisme pada keadaan ini, usahakan menempatkan ayam dengan usia yang sama atau dengan berat tubuh yang sama. 

Kualitas Ransum yang Kurang Bagus 

Kualitas ransum yang kurang bagus atau memiliki kandungan nutrisi yang rendah juga dapat menyebabkan munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung. Pemberian hijauan sebagai variasi dalam ransum juga dapat dilakukan untuk menekan munculnya sifat kanibalisme ini. 

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Menghindari penyebab terjadinya stres pada ayam kampung adalah sebuah cara terbaik untuk menghindari munculnya sifat-sifat kanibalisme. Walaupun sifat ini tidak bisa di hilangkan, tapi kita bisa meminimalisasi munculnya sifat kanibalisme yang akan merugikan peternakan ayam kampung kita. 

Selain dengan menghindari stress, pemotongan paruh pada ayam kampung juga dapat kita lakukan untuk menghindari luka yang timbul akibat dari patukan paruh ketika munculnya sifat kanibalisme.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Sifat Kanibalisme Ayam Kampung

☛ Segera pisahkan ayam yang terluka agar tidak bertambah parah atau bahkan mati karena menjadi bulan-bulanan.

  Pisahkan juga ayam yang terlalu figter agar tidak ada korban kanibal lagi lainnya.

☛ Segera obati ayam yang terluka dan jangan lupa berikan vitamin agar ayam tidak stress. Taruh ditempat terpisah sampai lukanya benar-benar sembuh dan kering.

☛ Selalu pantau kondisi ayam dalam kandang agar jika terjadi kanibalisme dapat segera anda tangani. 

Demikianlah artikel tentang Dampak Negatif Sifat Kanibalisme Ayam Kampung dan Cara Mengatasinya. (baca juga: Teknik Integrasi Pemeliharaan Aayam Kampung Dengan Tanaman Pertanian) Semoga bermanfaat.....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Negatif Sifat Kanibalisme Ayam Kampung dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel