Cara Memelihara Ternak Bebek


Bebek merupakan salah satu ternak unggas air atau bersifat aquatik (menyukai air). Sifat aquatik tersebut ditunjang oleh kondisi bulu yang tebal dan berminyak sehingga mampu menghalangi masuknya air ke dalam tubuh bebek ketika berada dalam air dan berenang. 
Selain itu bebek memiliki sifat omnivora yakni pemakan segala macam makanan seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil.

Secara keseluruhan tubuh bebek berlekuk dan lebar, dan memiliki leher yang relatif panjang, meski tidak sepanjang angsa dan angsa berleher pendek. Bentuk tubuh bebek bervariasi dan umumnya membulat. Paruhnya berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berguna sebagai penyaring makanan. 

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Pada spesies penangkap ikan, paruhnya berbentuk lebih panjang dan lebih kuat. Kakinya yang bersisik kuat dan terbentuk dengan baik, dan umumnya berada jauh di belakang tubuh, yang umum terdapat pada burung akuatik. Sayapnya sangat kuat dan umumnya pendek. Penerbangan bebek membutuhkan kepakan berkelanjutan sehingga membutuhkan otot sayap yang kuat (Wikipedia).

Sistem perkembangbiakkan ternak bebek pada umumnya adalah monogami (hanya memiliki satu pasangan selama periode perkawinan). Periode perkawinan ini hanya berlangsung dalam satu tahun dan biasanya perkawinan tersebut terjadi setelah penghujung musim (seusai musim panas, seusai musim semi dan/atau seusai musim hujan).

Bebek adalah salah satu ternak peliharaan yang memiliki sifat penurut yang sangat tinggi serta mampu mengkonsumsi pakan dengan kualitas rendah sekalipun. Sifat-sifat tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi peternak apabila dalam memelihara ternak bebek, sistem pemeliharaannya diperhatikan dan dikelola dengan baik.

Tingkat kematian pada ternak bebek relatif lebih kecil jika dibandingkan unggas lainnya. Hal ini dikarenakan ternak bebek mempunyai daya tahan tubuh yang kebal terhadap hampir semua jenis penyakit yang biasa menyerang unggas.

Bagian terpenting yang perlu diperhatikan dalam memelihara ternak bebek adalah pada saat bebek berumur empat minggu (1 bulan).   Dengan pakan yang baik dan air yang cukup saat bebek berumur empat minggu, akan membuat ternak bebek yang dipelihara tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan tahan terhadap penyakit.  Perhatian yang lebih pada masa ini akan menghasilkan manfaat yang lebih besar dikemudian hari.

Cara Memelihara Ternak Bebek

Air


Kehidupan ternak bebek tidak bisa dipisahkan dengan air. Selain untuk membantu menelan dan mencerna makanan, air juga dibutuhkan oleh bebek untuk ternak bebek untuk berenang dan exercise (INGAT!!!! Sifat aquatik dari ternak bebek). Bila memungkinkan, ketersediaan kolam sederhana akan sangat baik bagi perkembangan dan kesehatan ternak bebek. Penyediaan pasokan air untuk ternak bebek dapat juga dilakukan dengan mengintegrasikan pemeliharaan ternak bebek dan tanaman.

Pakan


Ternak bebek menyukai makanan/pakan dengan campuran serangga,  cacing, rumput segar, daun  segar, dan  biji-bijian (gabah/beras, jagung, dan millet). Pada masa pertumbuhannya, secara alami ternak bebek akan berburu serangga dan cacing tanah yang terdapat di pinggiran kolam dan di bawah dedaunan (mulsa). Akan jauh lebih mudah bagi ternak bebek untuk menemukan serangga  dan cacing jika tanahnya basah.

Berikanlah biji-bijian atau kacang-kacangan pada ternak bebek setiap harinya. Untuk lebih meningkatkan kualitas biji-bijian, rendam biji-bijian selama semalam dan biarkan biji-bijian tersebut tumbuh selama 1 - 2 hari lalu berikan ke ternak bebek ± segenggam penuh bijian per 5 ekor bebek.

Kandang


Kandang merupakan tempat untuk bertelur, berteduh, dan berlindung bagi ternak bebek dari hewan predator,  seperti:  anjing,  kucing, ular, dan tikus. Luas kandang yang dibutuhkan dalam memelihara ternak bebek adalah 2 m x 2 m untuk 10 - 15 ekor. Disarankan untuk selalu menyediakan potongan rumput pada lantai kandang dan ganti rumput tersebut setiap 1-2 bulan sekali. Tujuannya adalah rumput kering dan kotoran bebek  merupakan bahan  kompos yang sangat baik dengan kandungan hara yang tinggi.

Selain itu ternak bebek juga akan memanfaatkan rerumputan yang terdapat dalam kandang untuk membuat sarang bagi telurnya. Kandang perlu dilengkapi dengan wadah air minum dan sekitaran kandang sebaiknya disediakan naungan sebagai tempat berteduh ternak bebek.

Kesehatan


Meskipun ternak bebek merupakan unggas yang kebal dan tahan penyakit alangkah baikknya dilakukan upaya pencegahan penyakit melalui pemberian biji pepaya dan/atau daun murbei untuk mencegah ternak bebek terserang penyakit cacing. Jika ditemukan ternak bebek yang terkena penyakit segera lakukan pemisahan agar penyakit tersebut tidak menular pada ternak bebek lainnya.


Semoga bermanfaat....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memelihara Ternak Bebek "

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel