Cara Cepat Menyembuhkan Mencret (Diare) Pada Ternak Sapi dan Kambing


Diare (mencret) pada ternak sapi dan kambing merupakan istilah yang menunjukan atau menggambarkan kondisi dimana ternak tersebut mengeluarkan kotoran/ feses dengan ferekuensi yang sering dan berbentuk agak lembek bahkan cenderung  cair. Diare (mencret)  adalah tanda bahwa telah terjadi perubahan fisologis normal pada tubuh atau tanda bahwa ternak sapi dan kambing telah terinfeksi penyakit.


Secara umum penyebab diare (mencret) pada ternak sapi dan kambing bisa dikategorikan dalam 2 faktor yaitu:

1. Faktor Fisiologis


Ternak sapi dan kambing yang menderita diare (mencret) akibat faktor fisologis biasanya menunjukan gejala mencret namun tidak disertai adanya darah, lendir, bau busuk, cacing dan ketidak normalan lainnya. Selain itu, sapi masih terlihat sehat dan masih menunjukan nafsu makan yang baik.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

2. Infeksi Penyakit (Bakteri, Virus dan Parasit)
Ternak sapi dan kambing yang menderita diare (mencret) akibat Infeksi penyakit  (Bakteri, Virus dan Parasit) menunjukan gejala sebagai berikut:

☛Mengeluarkan kotoran/feses dengan ferekuensi  yang sering atau secara terus-menerus (profus)

☛Kotoran/Feses terlihat lembek sampai cair, berwarna gelap/kehitaman, berbau busuk, kadang disertai lendir, bercak darah/segmen cacing yang keluar dari lubang anus

☛Tubuh terlihat kurus, pucat, lemah dan lesu

☛Dari mata dan hidung keluar lendir/eksudat

☛Bulu kasar, kaku dan rontok

☛Nafsu makan menurun

☛Merejan/merintih

☛Punggung melengkung

☛Jalan sempoyongan atau bahkan sampai ambruk

Sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya ternak sapi dan kambing yang terkena diare (mencret) terlebih dahulu diberikan pertolongan pertama dengan cara : tidak melakukan perubahan yang mendadak dalam hal pakan, perpindahan lokasi kandang dan sebagainya agar ternak tidak stres.

Selain itu, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare (mencret) maka ternak sapi dan kambing diberikan cairan elektrolit terutama air, bikarbonat, sodium dan potassium atau larutan garam agar tidak terjadi dehidrasi yang lebih lanjut. Berikut disajikan resep cairan elektrolit yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi diare ternak sapi dan kambing:

3 kotak kecil kaldu sapi instan (bisa juga menggunakan 1 sachet kaldu sapi)

1 sachet agar agar bubuk

2 sendok garam

2 sendok soda kue/baking soda/sodium bicarbonate/NaHCO3

Setelah ternak sapi dan kambing ditangani maka diperlukan tindakan pengobatan agar kondisi ternak segera pulih dan kembali sehat. Berikut terdapat berbagai macam cara pengobatan untuk mengatasi gejala diare yang masih dalam stadium awal :

https://www.berbagiilmupeternakan.com/


☛ Pucuk daun jambu biji sebanyak 200-300 gram/ ekor diberikan secara langsung maupun bisa ditumbuk, ditambahkan sedikit air lalu diminumkan ke ternak sapi dan kambing.

Daun nangka maupun buah nangka yang masih muda dan baru tumbuh diberikan secara langsung maupun ditumbuk dan dicampur sedikit air lalu diminumkan  ke  ternak sapi dan kambing.

Kunyir 5 biji ditumbuk halus dan tambahkan sedikit madu dan air lalu diminumkan ke ternak sapi dan kambing.

Ubi ketela pohon dipanggang sampai hangus lalu diberikan sebagai pakan
Campur dan haluskan temu ireng, kunir, kencur, lempuyang dan tempe busuk masing-masing 200-300 gram, dimasukkan ke dalam plastik dan didiamkan selama 1 malam lalu diperas. Hasil perasan diminumkan 3 kali sehari selama 2 hari.

Campur dan haluskan lempuyang  3 biji, gula pasir  250 gram lalu tambahkan 10 liter air masak dan diminumkan ke ternak sapi dan kambing dengan dosis 1 liter/ ekor 3 kali sehari.


Semoga Bermanfaat...


Sumber :
Drh. Siti Istiana dan Ir. Nani Yunizar (2009); Balai Pengkajian Teknologi Pertanian - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian - Departemen Pertanian


0 Response to "Cara Cepat Menyembuhkan Mencret (Diare) Pada Ternak Sapi dan Kambing"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel