#3 Inovasi Terbesar Dalam Teknologi Peternakan 2018

Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi peternakan yang sedang berlangsung saat ini memang menimbulkan prokontra di tengah masyarakat. Disatu sisi, sebagian masyarakat berpendapat bahwa kemajuan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dibendung. 

Namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi ini justru menjadi ancaman bagi kita semua apabila kita hanya menjadi penonton dan penikmat saja.

Berikut ini adalah #3 Inovasi Terbesar dalam Teknologi Peternakan 2018 yang bisa kita jadikan motivasi untuk terus belajar dan berkembang menjadi lebih baik dari hari ini.

 BCS CowDition

BCS CowDition  adalah inovasi teknologi peternakan berbasis aplikasi smartphone, yang dirancang khusus untuk membantu para peternak maupun petugas peternakan (penyuluh/dokter hewan) dalam menganalisis secara akurat dan obyektif terkait kondisi terkini dari ternak yang dipelihara.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Aplikasi BCS CowDition

Teknologi ini mampu melacak dan menganalisis  kondisi kesehatan ternak, kebutuhan nutrisi yang diperlukan ternak, mengukur berat badan ternak serta mendeteksi kemungkinan penyakit yang akan menyerang ternak.


Teknologi Aplikasi BCS CowDition juga disinkronkan dengan perangkat lunak pengelolaan usaha peternakan sehingga memudahkan peternak untuk memantau secara keseluruhan kondisi ternak yang ada dalam peternakannya baik secara individual maupun dalam kelompok yang besar.

Di Afrika Timur, teknologi  BCS CowDition  sangat membantu peternak dan dokter hewan dalam mendiagnosa penyakit ternak dengan cepat, menerima informasi tentang obat yang tepat untuk diberikan pada ternak serta berbagi informasi melalui perangkat lunak cloud sehingga penyakit dapat dilacak dan dipantau. (Aplikasi BCS CowDition dikembangkan oleh Bayer AG ; sudah tersedia dan dapat didownload di Google Play)

 Drone

Penggunaan drone dibidang peternakan bukanlah hal baru. Drone telah digunakan untuk memantau ternak di padang penggembalaan selama lebih dari satu dekade.  Dengan bantuan drone, seorang peternak dapat menjaga mata lebih dekat dari sebelumnya (memantau dengan jelas seluruh aktivitas ternak yang dilepas di padang penggembalaan) baik pada saat ternak merumput, kawin, beranak, ternak yang terpisah dari kawanan, bahkan pada saat ternak terancam dari hewan buas atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Drone Peternakan Multi Spectrum
Baru-baru ini seorang peternak di Amerika Serikat, berhasil membuat drone yang mampu memantau ternak tidak hanya pada siang hari saja. Drone tersebut dibuat dengan menggabungkan sensor infra merah dan kamera multi spektrum sehingga dapat digunakan  pada segala kondisi alam (siang, malam, hujan, bahkan badai salju). Selain itu, drone ini juga mampu merekam setiap betis ternak yang tersembunyi dibalik rumput padang penggembalaan. (Baca juga : Tata Laksana Pengelolaan Padang Penggembalaan).

 Robot Pemerah Susu

Sama halnya dengan drone, penggunaan robot dibidang peternakan bukanlah sesuatu yang baru. Salah satu robot yang paling fenomenal dibidang peternakan adalah robot penggembala.

Namun baru-baru ini muncul penemuan robot baru untuk bidang peternakan, yaitu Robot Pemerah Susu Otomatis. Dimana sapi perah dapat diperah sesuai dengan bioritme sapi perah itu sendiri. Tentu hal ini menimbulkan efek positif pada kenyamanan sapi perah dan produksi susu pun meningkat.

Selain itu, Robot Pemerah Susu Otomatis juga dapat mengkompilasi sejumlah besar data mengenai kondisi kesehatan sapi perah serta kualitas susu (seperti kandungan lemak dan protein).
https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Robot Pemerah Susu Otomatis
Robot-robot ini juga dapat mengkompilasi sejumlah besar data mengenai kondisi kesehatan hewan - menilai tidak hanya beratnya, tetapi juga kualitas susu (seperti kandungan lemak dan protein), dan aktivitas perenungan.

Sumber: https://www.canwelivebetter.bayer.com/innovation/four-innovations-changing-lives-farm-animals-better

0 Response to "#3 Inovasi Terbesar Dalam Teknologi Peternakan 2018"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel