Teknik Integrasi Pemeliharaan Ternak Ayam dengan Sistem Pertanian Lainnya


Pemeliharaan ternak ayam baik secara komersial maupun sambilan  dapat diintegrasikan dengan sistem pertanian lainnya, cara ini dilakukan agar keuntungan yang didapat lebih tinggi. Teknik integrasi yang umum dilakukan adalah dengan mengkombinasikan dengan sayuran maupun tanaman buah-buahan.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membagi lahan/kebun menjadi beberapa bagian, misalnya  tiap-tiap bagian berukuran  5 m x 5 m. Tiap-tiap bagian tersebut dibuatkan pagar yang cukup tinggi mengelilinginya, atau cara-cara lainnya untuk mencegah ayam kabur.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Sumber Gambar: Pusat Ilmu Pertanian Terintegrasi

Tempatkan ternak ayam dalam  satu bagian kebun sementara bagian kebun lainnya ditanami sayuran. Setiap sehabis panen,  giringlah ternak ayam yang dipelihara untuk masuk dan memakan sisa batang tanaman, gulma, dan serangga. Di samping itu, ternak ayam akan terus memberikan pupuk pada setiap bagian  kebun yang mereka tempati  dan kemudian masukkan ternak ayam kembali ke dalam kandangnya menjelang malam hari. 

Selain memberikan tambahan pupuk pada tanaman, ternak ayam akan berguna dalam pembersihan gulma dan pembongkaran tanah. Hal ini dapat  dilakukan  selama 1-2 bulan.

Untuk integrasi dengan tanaman buah-buahan dilakukan dengan menempatkan sekitar 50 ekor ternak ayam untuk luas lahan 50 m x 50 m dengan tujuan untuk membantu petani dalam membersihkan gulma dan memupuki lahan disekitar tanaman buah-buahan/pepohonan. Sistem ini sebaiknya digunakan untuk tanaman buah-buahan yang berumur  di atas 1 tahun.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Teknik Integrasi Pemeliharaan Ternak Ayam dengan Sistem Pertanian Lainnya

Selanjutnya dibuat lingkaran dari batuan di sekeliling tanaman buah-buahan, dengan diameter 1 - 2 m dari pangkal pohon dan tetap berikan banyak kompos dan mulsa di dalam lingkaran tersebut. Ternak ayam akan  mengais-ngais tanah, tapi batu-batu akan  menjaga kompos dan mulsa tetap berada di dekat  pohon. 

Sebaiknya  tanam  juga pepohonan/ tanaman leguminosa sebagai pagar hidup di antara tanaman buah- buahan yang nantinya dapat digunakan sebagai  pakan ternak ayam, sekaligus menyediakan nitrogen bagi tanaman buah-buahan.


Sumber: 
Modul Pelatihan 5 Pengelolaan Ternak Secara Berkelanjutan; Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian (2009)

0 Response to "Teknik Integrasi Pemeliharaan Ternak Ayam dengan Sistem Pertanian Lainnya"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel