Rahasia Suskes Beternak Unggas Dengan Metode SEGITIGA Peternakan

Meningkatnya permintaan akan produk asal hewani terutama ternak unggas (daging dan telur), tidak dibarengi dengan kenaikan populasi dan produksi dari usaha peternakan unggas itu sendiri.

Penyebab utama hal ini adalah peternak belum benar – benar memahami penerapan metode segi tiga peternakan dalam usaha ternak unggas yang dijalani. Hanya sebagian kecil saja dari usaha peternakan unggas yang sudah menerapkan metode segi tiga peternakan dengan baik benar.

Sebenarnya jika dilihat, peluang peningkatan populasi dan produksi ternak unggas di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki kondisi lingkungan yang sangat baik untuk pengembangan ternak unggas.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Rahasia sukses beternak unggas dapat dilakukan dengan menerapkan metode segi tiga peternakan dengan baik benar. Penerapan metode segi tiga tersebut harus diperhatikan dengan serius oleh peternak unggas agar usaha peternakan yang dilakoni memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi.

Sisi alas dari segi tiga tersebut merupakan faktor pertama pilar beternak unggas. Adapun sisi alas yang dimaksud adalah: Bibit; bibit unggas harus dipilih dari bibit yang baik, bibit yang jelas mutunya, bibit yang tinggi produktivitasnya. Setelah memperoleh bibit yang baik maka bibit unggas tersebut harus dipelihara dengan baik pula.

Sisi sebelah kanan dari segi tiga tersebut adalah faktor kedua pilar beternak unggas, yakni: Manajemen; peternakan unggas harus dikelola dengan baik, disediakan kandang yang baik, lantai yang kering, tempat pakan dan air minum yang memadai, terhindar dari hujan, binatang liar, suara bising, dan terhindar dari tiupan angin langsung.

Bibit unggas yang unggul dan dipelihara di dalam kandang yang nyaman, tidak akan berproduksi tinggi jika tidak diberi pakan dengan baik. Oleh karena itu sisi sebelah kiri dari segitiga tersebut adalah pilar ketiga beternak unggas.  Adapun sisi yang dimaksud adalah Pakan; ternak unggas harus diberi pakan sesuai kebutuhan, mengandung nutrisi atau gizi sesuai rekomendasi, pakan tidak tengik, tidak berjamur, bebas dari benda asing seperti plastik, besi, kaca atau sejenisnya yang tidak berguna bagi ternak unggas.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Jika ketiga pilar peternakan diatas dijadikan sebagai sisi - sisi segi tiga sama sisi, maka akan terbentuk segitiga sama sisi yang sempurna seperti pada Gambar di atas. Segitiga yang sempurna adalah segitiga yang semua sudutnya tertutup rapih. 

Segitiga yang sempurna adalah usaha peternakan unggas yang memiliki Bibit unggas yang unggul, menerapkan manajemen yang baik dan nyaman buat unggas dan pemiliknya serta memberi pakan unggas yang bermutu baik, bersih dan cukup jumlahnya sehingga unggas mampu berproduksi optimal dan efisien.

Pakan merupakan porsi biaya terbesar (70%) dalam usaha peternakan unggas. Pakan yang baik adalah, pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak unggas sesuai dengan jenis dan bangsa unggas, umur, bobot badan, jenis kelamin, dan fase produksi.

Informasi kebutuhan nutrisi ternak unggas sangat dibutuhkan dalam upaya formulasi pakan komplit yang memenuhi standar kebutuhan gizi ternak unggas. Pakan yang baik berasal dari campuran bahan pakan yang baik, mengandung gizi yang dibutuhkan unggas, bersih, tidak jamuran, tidak basi, relatif murah, dan unggas senang memakannya (palatable).


Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Rahasia Suskes Beternak Unggas Dengan Metode SEGITIGA Peternakan"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel