Kebutuhan Nutrisi Pada Ayam Broiler


Kebutuhan nutrisi pada ayam broiler (ayam ras pedaging) dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok umur yaitu: umur 0 – 3 minggu (starter), dan 3 – 6 minggu (finisher).

Jenis kebutuhan nutrisi ayam pedaging (broiler) hanya dibatasi pada yang paling penting saja yaitu: protein, energi, asam amino lisin, metionin, dan asam amino metionin + sistin, kalsium (Ca), dan fosfor (P) tersedia atau P total (lihat gambar).

Kebutuhan protein untuk ayam pedaging umur 0 – 3 minggu adalah 23% dengan minimum 19% dan turun menjadi 20% dengan anjuran minimum 18% pada ayam pedaging yang berumur 3 – 6 minggu.
https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Kebutuhan nutrisi lainnya seperti lisin, metionin, metionin + sistin, Ca dan P juga menurun seperti kebutuhan protein yaitu menurun sesuai dengan bertambahnya umur ayam pedaging. 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, terdapat 12 asam amino esensial untuk unggas, akan tetapi pada umumnya hanya asam amino metionin dan lisin saja yang kurang terutama jika menggunakan formula utama jagung - bungkil kedelai (NRC, 1994).

Oleh karena itu, hanya kebutuhan asam amino metionin, metionin + sistin dan lisin saja yang dicantumkan dalam artikel ini. Kebutuhan metionin + sistin juga dicantumkan untuk menghindari dirubahnya metionin menjadi sistin pada pakan yang defisiensi asam amino sistin dan menyebabkan ternak unggas bahkan menjadi defisiensi metionin (NRC, 1994).

Pada formula pakan tertentu, asam amino treonin, triptofan dan asam amino arginin juga defisien. Kebutuhan energi sama untuk semua umur yaitu 3200 kkal EM/kg pakan dengan kandungan energi minimum 2900 kakl EM/kg. Sebagian P dalam bahan pakan tidak tersedia karena terikat di dalam asam fitat.

Ketersediaan P dalam bahan pakan asal hewan (75 – 110%, NORTH, 1984; NRC 1994) lebih tinggi dibandingkan dengan ketersediaan P (12 – 50%, POINTILLART, 1988; NRC 1994; CROMWELL, 1989). Oleh karena itu, kebutuhan P kadang - kadang dicantumkan dalam dua nilai yaitu  kebutuhan P total, dan kebutuhan P tersedia.

Demikianlah artikel tentang Kebutuhan Nutrisi Pada Ayam Broiler. (Jangan lupa untuk baca juga: Jenis – Jenis Nutrisi Yang Wajib Tersedia Dalam Pakan Unggas. Disini dibahas secara tuntas tentang jenis dan manfaat nutrisi bagi ternak unggas secara menyeluruh).


Semoga bermanfaat..

Sumber: Makalah Nutrient Requirements Of Poultry (Pius P. Ketaren, 2010)

0 Response to "Kebutuhan Nutrisi Pada Ayam Broiler"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel