Kebutuhan Nutrisi Itik Petelur Lokal

Telah banyak dilakukan penelitian tentang kebutuhan protein dan energi pada itik petelur lokal. Dari hasil - hasil penelitian tersebut, SINURAT (2000) menyusun rekomendasi kebutuhan nutrisi itik petelur pada berbagai umur (Lihat Gambar Tabel di bawah).

National Research Council (NRC, 1994) tidak menyediakan data tentang kebutuhan nutrisi untuk itik petelur lokal tapi hanya menyediakan informasi untuk itik Pekin Putih yang tergolong tipe dwiguna.

Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi itik petelur lokal untuk Indonesia perlu ditetapkan lebih lanjut melalui penelitian nutrisi terutama untuk melengkapi informasi kebutuhan nutrisi dalam negeri.


https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Rekomendasi yang tersedia saat ini dikelompokkan berdasarkan umur yaitu: pakan starter untuk itik berumur 0 – 8 minggu, pakan groweruntuk itik berumur 9 –20 minggu, dan pakan petelur untuk itik berumur lebih dari 20 minggu.

KETAREN dan PRASETYO (2007)melaporkan bahwa kebutuhan nutrisi untuk itik petelur  lokal pada fase pertumbuhan umur 1 – 16 minggu cenderung lebih rendah yaitu  sekitar 85% dari rekomendasi pada Gambar Tabel.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Selanjutnya dilaporkan bahwa kebutuhan nutrisi untuk itik petelur lokal fase produksi 6 bulan pertama cenderung lebih rendah (± 3%) dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi pada fase produksi 6 bulan kedua (KETAREN dan PRASETYO, 2002a; b).



Demikianlah artikel tentang Kebutuhan Nutrisi Itik Petelur Lokal.
Semoga bermanfaat...

0 Response to "Kebutuhan Nutrisi Itik Petelur Lokal"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel