Kandungan Gizi Pakan Unggas Komersial Produksi Pabrik Pakan


Kandungan gizi pakan unggas yang diproduksi oleh berbagai pabrik pakan komersial dapat dilihat pada Gambar Tabel 6 di bawah. Kandungan gizi dalam Tabel tersebut dirangkum dari berbagai leaflet spesifikasi produk berbagai pabrik pakan unggas.

Kandungan gizi yang tertera dalam Gambar Tabel 6 di bawah adalah kandungan protein, energi metabolis, kalsium (Ca), dan kandungan fosfor (P). Dengan melakukan perbandingan antara kandungan gizi pakan produksi pabrik pakan dengan kandungan gizi rekomendasi dan panduan maka diperoleh gambaran bahwa semua kandungan gizi berada di dalam kisaran rekomendasi dan panduan kebutuhan gizi kecuali kandungan energi ayam ras layer yang semestinya panduan minimum 2650 kkal/kg dan di dalam spesifikasi produk pabrik pakan (Gambar Tabel 6 di bawah) masih ada yang mencantumkan 2600 kkal/kg pakan.


**Sebelum anda membaca lebih jauh penjelasan tentang Kandungan Gizi Pakan Unggas Komersial Produksi Pabrik Pakan, pastikan bahwa anda terlebih dahulu membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang:
Hal ini saya sarankan karena artikel - artikel tersebut memiliki keterkaitan langsung dengan topik kita kali ini. Oke lanjut...


Begitu pula panduan menganjurkan kandungan Ca itik petelur berada pada kisaran 2,90 – 4,00%, akan tetapi masih ada yang menggunakan kadar Ca 2,80% dalam pakan itik petelur. Kekurangan kandungan protein pada ayam ras layer dan Ca dalam produk pakan itik layer tersebut hanya sedikit saja, dan hampir bisa diabaikan. Secara teoritis, kekurangan energi pakan akan berakibat pada peningkatan konsumsi pakan unggas untuk memenuhi kebutuhan energinya. Peningkatan konsumsi pakan tersebut selanjutnya akan mengakibatkan peningkatan konsumsi dalam satuan berat gizi lainnya seperti protein dan asam amino/ekor/hari.



Sebagai contoh, kandungan minimum energi pakan ayam ras layer = minimum 2650 kkal energi metabolis/kg, dengan konsumsi pakan normal untuk ayam ras layer 100 g/ekor/hari (NRC, 1994) maka konsumsi enegi semestinya = 100/1000 x 2650 = 265 kkal/ekor/hari; jika pabrik pakan memproduksi pakan yang mengandung 2600 kkal/kg sementara kandungan gizi lainnya sesuai rekomendasi termasuk kandungan protein 16%, maka dapat diprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi pakan normal dari 100g/ekor/hari menjadi 265 x 1000/2600 = 102 g/ekor/hari untuk memenuhi kebutuhan energinya sebanyak 265 kkal/ekor/hari (102/1000 x 2600 = 265).

 
https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Gambar Tabel 6

Dengan demikian maka konsumsi protein menjadi berlebih sebanyak 2 x 16/100 = 0,32 g/ekor/hari atau dari yang semestinya hanya sebanyak 100 x 16/100 = 16 g/ekor/hari menjadi 102 x 16/100 = 16,32 kkal/ekor/hari. Dengan cara perhitungan yang sama, konsumsi asam amino lisin akan berlebih sebanyak 2 x 0,80/100) = 0,016 g/ekor/hari.



Perhitungan ini dibandingkan dengan panduan minimum kandungan gizi dan kekurangannya akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan nilai anjuran Tabel 4 ( baca: Kebutuhan Nutrisi Itik Petelur) yaitu nilai rekomendasi energi sebanyak 2700 kkal/kg, atau kekurangannya akan jauh lebih besar jika kandungan energi pakan yang sebenarnya ketika diberikan kepada unggas ternyata kurang dari 2600 kkal EM/kg pakan.



Dengan kelebihan konsumsi protein dan asam amino tersebut akan mengakibatkan pemborosan penggunaan protein dan asam amino yang sebagian besar masih diimpor dari luar negeri sebagai bahan pakan ternak. Analisis kekurangan atau kelebihan gizi pada unggas pada prinsipnya akan menurunkan produksi jika kurang dari rekomendasi/panduan dan akan terjadi pemborosan pakan atau kurang efisien jika terjadi kelebihan konsumsi pakan.



Oleh karena itu, perhitungan yang cermat dalam formulasi pakan patut dilakukan dengan tepat terutama dengan kebutuhan gizi unggas dan tingkat konsumsi pakan. Atau lebih tepat lagi, kandungan gizi pakan ternak yang digunakan seyogyanya didasarkan pada tingkat konsumsi pakan dan rekomendasi satuan berat gizi/unit/ekor/hari. 

Semoga Bermanfaat...



Sumber: Makalah Nutrient Requirements Of Poultry (Pius P. Ketaren, 2010)


0 Response to "Kandungan Gizi Pakan Unggas Komersial Produksi Pabrik Pakan"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel