Fungsi dan Manfaat Nutrisi Pakan Bagi Pertumbuhan Ternak

Nutrisi pakan ternak adalah semua senyawa atau unsur zat makanan yang menyusun bahan pakan yang dapat digunakan ternak untuk proses pertumbuhan, hidup pokok, kerja, produksi dan reproduksi serta proses metabolisme dalam tubuh. Nutrisi pakan ternak pada prinsipnya berbicara tentang zat-zat makanan yang terkandung dalam pakan ternak.  Adapun zat-zat makanan tersebut adalah sebagai berikut :

ENERGI (*Nutritional Factor*)
Banyak para pelajar, praktisi dan peternak yang mengartikan energi sebagai salah satu nutrisi dalam pakan ternak. Karena kata energi ini sering sekali ditulis secara berdampingan dengan protein, lemak, serat, dan nutrient lainnya. 

Padahal energi itu sendiri bukan nutrisi, energi adalah kalor (panas) yang dihasilkan dari metabolisme beberapa nutrient yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Namun demikian energi tetap menjadi salah satu ‘nutritional factor’ untuk mendapatkan performan broiler yang optimal.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Energi sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup ternak diantaranya adalah: (1) Untuk mempertahankan fungsi-fungsi tubuh (respirasi, aliran darah dan fungsi sistem syaraf); (2) Untuk pertumbuhan dan produki (susu, telur, wool, daging) dan pemenuhan hidup pokok.

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
KARBOHIDRAT
Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Berdasarkan gugus gula yang menyusunnya, karbohidrat dibedakan menjadi 3, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Karbohidrat dicerna menjadi glukosa yang beredar bersama dalam darah ke sel-sel tubuh.

Glukosa merupakan jenis monoksarida yang sangat penting digunakan untuk menghasilkan energi. Kelebihan karbohidrat yaituapat diubah menjadi glikogen oleh hormon insulin dan di simpan di dalam hati. Glikogen dapat diubah kembali menjadi glukosa oleh hormon adrenalin.

Karbohidrat dalam tubuh ternak dibentuk dari beberapa asam amino, gliserol lemak, dan sebagian besar diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh – tumbuhan. Karbohidrat dalam sel tubuh ternak disimpan dalam hati dan jaringan otot dalam bentuk glikogen. Glikogen merupakan sumber polisakarida utama pada sel ternak.

Karbohidrat pada ternak mempunyai fungsi sebagai berikut:
  •  Sebagai sumber energi utama
  •  Bahan pembentuk senyawa kimia lainnya, seperti lemak dan protein
  •  Menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh
  • Berperan penting dalam metabolisme
  • Berperan penting dalam membentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh ternak.

LEMAK
Lemak adalah senyawa organik yang tersusun atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Komponen lemak terdiri dari asam lemak dan gliserol.

Lemak dibedakan menjadi 3 (tiga) macam sebagai berikut.
  1. Lemak sederhana. Contohnya lemak dan minyak
  2. Lemak campuran. Contohnya fosfolipid dan lipoprotein
  3. Lemak asli. Contohnya asam lemak, sterol, dan kolesterol

Berdasarkan tingkah kejenuhannya asam lemak dibedakan menjadi berikut:
  • Asam lemak jenuh, yaitu asam lemak yang dapat dibuat (disintesis) oleh tubuh dan umumnya berbentuk padat. Contohnya asam palmiat, asam stearat, dan asam kaprilat.
  • Asam lemak tidak jenuh, yaitu asam lemak yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan umumnya berbentuk cair. Contohnya asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

Fungsi lemak pada ternak adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai sumber energi
  2. Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K
  3. Pelindung alat-alat tubuh karena membentuk bantalan lemak
  4. Menjaga tubuh dari suhu rendah (kedinginan)
https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Fungsi dan Manfaat Nutrisi Pakan Bagi Ternak
PROTEIN
Protein adalah senyawa organik kompleks yang tersusun atas karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), dan Nitrogen (N). Kadang-kadang mengandung belerang (S) dan fosfor (P). Setiap sel yang hidup tersusun oleh protein. Protein adalah bagian penting di dalam plasma sel. Protein tersusun dari senyawa sederhana yang disebut asam amino.

Asam amino dibedakan menjadi asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat buat oleh tubuh dan diperoleh dari makanan, contohnya lisin, leusin, isoleusin, valin, fenilalalin, arginin, triptofan, treonin, histidin, dan metionin.

Fungsi Protein bagi ternak:
  1. Untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh
  2. Sebagai sumber energi
  3. Penyusunan hormon, zat antibodi, dan enzim
  4. Menjaga keseimbangan asam dan basa didalam tubuh
  5. Mempertahankan viskositas (kekentalan) darah

MINERAL
Mineral merupakan zat kimia yang terdapat di dalam dalam bahan pakan. Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi fungsinya penting untuk tubuh ternak.

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ternak dibedakan menjadi:

  1. Makroelemen, yaitu unsur-unsur yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah besar. Contohnya kalsium (Ca), fosfor (P), natrium (Na), kalium (K), klor (Cl), magnesium (Mg), dan sulfur (s).

  1. Mikroelemen, yaitu unsur-unsur yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Contohnya besi (Fe), yodium (I), fluor (F), tembaga (Cu), seng (Zn), mangan (Mn), kobalt (Co), dan molibdenum (Mo).

Mineral dibutuhkan oleh ternak untuk membentuk bahan tulang, sebagai zat pengatur, proses pembekuan darah, pemeliharaan tekanan darah, respons saraf, dan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh ternak kekurangan mineral, maka akan mengalami gangguan yang disebut defisiensi.

VITAMIN
Vitamin dibutuhkan oleh tubuh ternak dalam jumlah yang sedikit, tetapi fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain. Menurut Wilson, vitamin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Merupakan suatu substansi organik yang tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga harus di dalam bahan pakan ternak.
  2. Diperlukan untuk pertumbuhan dan pemenuhan hidup pokok.
  3. Berfungsi sebagai pengatur dalam tubuh.

Kebutuhan vitamin untuk setiap ternak berbeda-beda tergantung umur, jenis, aktivitas, dan status fisiologis dari ternak itu diri.
Berdasarkan sifat kelarutannya, vitamin dibedakan menjadi:
  1. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C. Vitamin B banyak jenisnya antara lain vitamin B1, B2, niasain, B6, asam pantortenat, para amino, asam benzoat, biotin, B11, dan B12.
  2. Vitamin yang larut di dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

AIR
Air merupakan unsur nutrisi terpenting dan mutlak dibutuhkan oleh ternak. Lebih dari 50% berat badan ternak adalah air. Unsur air mengisi sel-sel tubuh dengan konsentrasi antara 70% - 90%. 

Berdasarkan sumbernya air dapat diperoleh ternak melalui pakan yang dikonsumsinya dan dalam bentuk air minum. Jumlah air yang dibutuhkan ternak tergantung pada jenis ternak, temperatur lingkungan, jumlah konsumsi pakan, jenis dan macam pakan, kelembapan udara, dan tingkat produksi ternak.  

Fungsi air pada ternak adalah sebagai berikut
  • Sebagai bahan pelarut utama zat makanan
  • Mempercepat reaksi kimiawi tubuh
  • Bahan pengangkut zat sisa pembakaran yang tidak terpakai dan berbagai substansi di dalam tubuh
  • Memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Mengatur panas tubuh

Semoga Bermanfaat..... SALAM

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi dan Manfaat Nutrisi Pakan Bagi Pertumbuhan Ternak"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel