BIO URINE (PUPUK ORGANIK CAIR) DARI KENCING SAPI

Indonesia dewasa ini sedang marak – maraknya program GO GREEN yang mana semua produk khususnya yang dikonsumsi manusia diupayakan bersifat organik.  Dunia pertanian dan peternakan sebagai satu-satunya penyumbang terbesar dalam penyediaan kebutuhan akan pangan, kini banyak disematkan dengan istilah ”organik”. 

Limbah hasil ternak yang asalnya tidak terpakai dan terbuang sia-sia serta mencemari lingkungan. Kini juga ikut andil dalam pagelaran istilah organik tersebut. Limbah hail ternak yang berupa padat, cair dan gas semuanya kini mulai di manfaatkan oleh peternak baik skala kecil menengah sampai skala besar.
https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Bio Urine Sapi
Dengan adanya proses pengolahan dan sedikit sentuhan teknologi, maka limbah hasil ternak dapat dkemas menjadi pupuk organik, yang memiliki keunggulan ganda selain bermanfaat bagi tumbuhan juga dapat memperbaiki unsur hara pada tanah yang tidak dimilki oleh pupuk kimia, sehingga kesuburan tanah bisa dijaga. 

Lebih lanjut melihat kondisi yang ada pada saat ini dimana melambungnya harga pupuk an-organic atau pupuk kimia pabrikan, maka limbah kandang merupakan satu peluang usaha tambahan yang memiliki nilai jual.

Melihat peluang tersebut banyak kalangan yang cepat-cepat beralih ke produk organik dengan memanfaatkan berbagai limbah untuk pembuatan pupuk organik. 

Selain untuk meningkatkan hasil pertanian baik untuk tanaman keras maupun lunak, pupuk organik sangat cocok digunakan di alam tropis ini, karena tidak meninggalkan residu di dalam tanah dan membuat tanah menjadi gembur. 

Residu yang bertumpuk didalam tanah dalam jangka waktu panjang akan merusak unsur hara didalam tanah yang berakibat tanah menjadi keras dan menggumpal.

Urine /kencing ternak sapi, kambing, domba kini mulai dimanfaatkan petani sebagai pupuk organic cair (bio urine) untuk menyiram tanaman. 

Keunggulan penggunaan bio urine yaitu volume penggunaan lebih hemat dibandingkan pupuk organik padat serta aplikasinya lebih mudah karena dapat diberikan dengan penyemprotan atau penyiraman, serta dengan proses akan dapat ditingkatkan kandungan haranya (unsur Nitrogen).

Bio urine merupakan istilah yang populer dikalangan para pengembang pertanian organik. Bio urine merupakan urin yang diambil dari ternak, terutama ruminansia yang terlebih dahulu di fermentasi sebelum digunakan. 

Bio urine diperoleh dari fermentasi anaerobik dari urine dengan nutrisi tambahan menggunakan mikroba pengikat nitrogen dan mikroba dekomposer lainnya. 

Dengan demikian kandungan unsur nitrogen dalam bio urine akan lebih tinggi dibandingkan dengan pada urine.

Kelebihan Pupuk Organik Cair (Bio Urine)


Mempunyai jumlah kandungan nitrogen, fosfor, kalium dan air lebih banyak jika dibandingkan dengan kotoran sapi padat.


Mengandung zat perangsang tumbuh yang dapat digunakan sebagai pengatur tumbuh.


Mempunyai bau khas urine ternak yang dapat mencegah datangnya berbagai hama tanaman.
https://www.berbagiilmupeternakan.com/

Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Urine Sapi

Bahan dan alat :

a)      1 bak penampungan ukuran 1 m3
b)      1 pompa air
c)      1 talang air panjang 4 m
d)     Sambungan talang air
e)      1,4 liter Bakteri Rumio Bacillus
f)       1,4 liter Bakteri Azoto Bacter
g)      1100 liter urine sapi
h)      Selang air
i)        lem paralon

Cara Pembuatan :

* 1,4 liter bacteri Rumio Bacillus dan 1,4 liter bakteri Azoto Bacter dimasukkan dalam 1100 liter air urine ke bak fermentasi,;

* Kemudian diaduk sampai rata, selanjutnya ditutuprapat selama 1 minggu;

* Setelah 1 minggu dipompa dengan menggunakan pompa air dan dilewatkan melalui talang air, dibuat seperti tangga selama 6 jam. 

Tujuannya untuk penepisan atau menguapkan kandungan gas amonia, agar tidak berbahaya bagi tanaman yang akan di beri bio urine (Exotics Farm Indonesia 2010); 

* Kemas dalam jirigen ukuran 5 liter 

* Kemudian pupuk cair ini siap digunakan.

Cara Penggunaan : 

*Untuk perendaman biji : 1 liter pupuk urine + 10 liter air direndam selama 10 menit. 

*Untuk pupuk cair yang diaplikasikan lewat daun : 1 liter pupuk urine per tangki semprot.

Manfaat Pupuk Cair (Bio Urine) Sapi

https://www.berbagiilmupeternakan.com/
Pestisida Nabati Urine Sapi
Pupuk organik ramah lingkungan dari limbah ternak itu bisa memutus ketergantungan petani terhadap pupuk urea atau pupuk kimia lainnya yang justru mencemari lingkungan. 

Dengan demikian, para petani tak perlu repot memikirkan dan membeli pupuk urea, cukup tanaman dipupuk dengan menggunakan pupuk organik yang berasal dari limbah urine sapi. 

Pupuk organik mempunyai efek jangka panjang yang baik bagi tanah, yaitu dapat memperbaiki struktur kandungan organik tanah dan selain itu juga menghasilkan produk pertanian yang aman bagi kesehatan, sehingga pupuk organik ini dapat digunakan untuk pupuk yang ramah lingkungan. 

Manfaat lain yaitu:
a)      Zat perangsang pertumbuhan akar tanaman pada benih/bibit
b)      Sebagai Pupuk daun organik
c)      Dengan dicampur pestisida organik bisa membuka daun yang keriting akibat serangan thrip.


~ SEMOGA BERMANFAAT ~

0 Response to "BIO URINE (PUPUK ORGANIK CAIR) DARI KENCING SAPI"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, spam, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel